Jumat, 27 Agustus 2010

Contoh Resensi ===>

Bahasa Indonesia

Nama Kelompok :  
Rosa Chulia Rahmah  ( 34 )  
Dzulfikar Attras Maulana  ( 12 )  
Emalia Vemia  ( 16 )  
Muhammad Abdurrauf Suryawijaya  ( 25 )

Kelas ix - 1 (SMPN 179 JAKARTA)

APAKAH RESENSI ITU ?  
  Resensi adalah tulisan yang menjelaskan kelebihan dan kekurangan sebuah karya baik yang berupa buku maupun yang berupa karya seni. Tulisan ini biasanya dimuat di media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid. Dilihat dari segi isinya terdapat berbagai macam resensi, antara lain resensi buku, resensi novel, resensi buku kumpulan cerpen, resensi film, resensi patung, dan sebagainya.

SIAPAKAH PENULIS RESENSI ?
Penulis resensi adalah orang yang memiliki pengetahuan tentang bidang yang diresensi dan memiliki kemampuan untuk menganalisis sebuah karya secara kritis sehingga dapat menjelaskan kelemahan dan kelebihan dari karya yang diresensi.

APAKAH TUJUAN DITULISNYA SEBUAH RESENSI ?
Resensi dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang sebuah karya sehingga pembaca mengetahui apakah karya yang diresensi itu merupakan karya yang bermutu atau tidak. Resensi akan sangat bermanfaat apabila karya yang diresensi relatif masih baru. Semakin baru karya yang diresensi, semakin baik. Hal itu dimaksudkan agar pembaca segera mengetahui apakah karya itu layak untuk dinikmati atau tidak..

Unsur-unsur dalam resensi :

Judul resensi
Identitas karya (buku) yang diresensi
Uraian tentang jenis karya yang diresensi
Uraian tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diresensi
Kesimpulan yang berisi penegasan kembali mengenai layak tidaknya karya tersebut untuk dinikmati oleh pembaca
Bagaimana langkah-langkah menulis resensi buku (novel) ?
Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menulis resensi buku (novel) adalah:

1.Tahap Persiapan meliputi:
a. Membaca contoh-contoh resensi; dan
b. Menentukan buku yang akan diresensi.
Tahap Pengumpulan Data meliputi:
a. Membaca buku yang akan diresensi;
b. Menandai bagian-bagian yang akan dijadikan   kutipan sebagai data meliputi hal-hal yang menarik dan tidak menarik dari buku (novel) yang diresensi;
c. Mencatat data-data penulisan resensi yang telah diperoleh melalui membaca buku yang diresensi.


Tahap Penulisan meliputi :
a. Menuliskan identitas buku;
b. Mengemukakan isi buku (sinopsis novel dan unsur-unsur intrinsik lainnya );
c. Mengemukakan kelebihan dan kekurangan buku (novel) baik dari segi isi maupun bahasa;
d. Merevisi resensi dengan memperhatikan susunan kalimatnya, kepaduan paragrafnya, diksinya, ejaan dan tanda bacanya.
e. Membuat judul resensi.
*Catatan:
  Judul resensi harus singkat, menarik, dan menggambarkan isi resensi.

Bagaimana cara menemukan kelebihan dan kekurangan buku yang diresensi ?
Cara menemukan kekurangan dan kelebihan buku yang diresensi adalah

Membandingkan buku yang diresensi dengan buku lain yang sejenis baik oleh pengarang yang  sama maupun oleh pengarang lain yang meliputi segi isi atau pun bahasanya (untuk novel meliputi semua unsur intrinsiknya);
Mencari hal-hal yang menarik atau disukai dan hal-hal yang tidak disukai dari buku tersebut dan mencari alasan mengapa demikian
 Resensi Novel “ Breaking Dawn ”




Judul   : Breaking Dawn ( Awal Yang Baru )

Pengarang   : Stephenie Meyer

Penerbit   : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit   : 2009

Jumlah halaman  : 864 halaman

Jenis buku   : Novel Remaja


  Sampul buku :
  Sampul novel ini cukup menarik. Pilihan warnanya tepat, sehingga dapat menggambarkan arti dalam novel ini. Terdapat gambar seorang wanita yang dilatar belakangi oleh suasana matahari terbit dan pepohonan. Dimana gambar tersebut dapat menjelaskan perasaan dari para tokohnya. Latar sampul seperti suasana ketika matahari terbit dipagi hari. Judul ditulis dibagian atas gambar matahari terbit. Pengarang buku ditulis dibagian bawah.


  Isi buku :
  Mencintai memang membutuhkan sebuah pengorbanan. Tapi jika pengorbanan itu memang diperlukan, kaupun tak punya pilihan untuk menghindarinya. Jika pengorbanan itu adalah menyangkut nyawamu,
akankah kau mau melakukannya?

  Bella Swan adalah seorang remaja muda, memiliki pemikiran yang cukup dewasa. Bagi Bella mencintai dan dicintai oleh vampir bernama Edward merupakan hal yang mustahil dan tak akan pernah terjadi. Tetapi ketika cinta itu datang dalam hati Bella, meski sulit untuk ditolak dan diterima dalam dunia nyata, ia tetap mencintai Edward yang kini telah menjadi separuh jiwanya. Tetapi disisi lain hubungannya dengan Jacob Black sang werewolf membawanya kedalam suatu permasalahan yang harus dapat ia selesaikan, mengenai perasaan hatinya yang sebenarnya

  Dimana ia harus memilih salah
satu diantara dua pilihan. Mengenai hubungannya dengan Edward adalah
sebuah masa depan yang indah, hubungannya dengan Jacob hubungan yang terjalin erat dan saling membutuhkan. Disisi lain Jacob tahu akan keputusan apa yang akan dipilih Bella. Lalu sanggupkah Jacob meninggalkan Bella?
Sanggupkah ia mengatakan tidak pada Bella? Apakah masalah besar yang akan terjadi selanjutnya dikehidupan Bella?

  Dalam buku ketiga, Eclipse, Edward memberikan syarat bahwa Bella harus menikah dulu dengan dirinya jika ingin Edward yang membuat dia berubah menjadi vampir. Akhirnya dalam buku keempat Breaking Dawn ini, Bella resmi menikah dengan Edward dan berbulan madu di sebuah pulau terpencil di negara Brasil. Yang kemudian diikuti dengan berita bahagia bahwa Bella hamil, namun tidak bagi Edward karena dirinya mendorong Bella untuk menggugurkan kandungannya

  Dalam waktu hanya sebulan sejak kehamilannya, Bella melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Renesmee. Setelah proses melahirkan inilah akhirnya Bella bertransformasi menjadi vampir dikarenakan Bella mengalami kekurangan banyak darah saat itu dan Edward memutuskan "Inilah saatnya". Sementara Jacob yang ikut hadir dalam proses persalinan, tiba-tiba mengalami imprint terhadap Renesmee dan menyatakan telah menemukan soulmate-nya kini.

  Sementara di sisi lain, ada seorang vampir bernama Irina yang merupakan komplotan TANYA, menduga bahwa Renesmee adalah seorang bayi abadi, bayi yang berubah menjadi vampir. Sementara dalam undang-undang di keluarga Volturi (penguasa vampir), bahwa kehadiran bayi abadi dinyatakan tidak sah dan harus dimusnahkan karena akan mengancam kerahasiaan kehidupan vampir di muka bumi yang telah dijaga selama ini. Intinya, Jacob dan Renesmee beserta keluarga Cullen berusaha memberi bukti kepada keluarga Volturi bahwa Renesmee bukanlah bayi abadi!

Kelebihan :

Banyak hal yang menarik yang diceritakan dalam novel ini. Kisah Cinta yang tulus, cinta sejati dan romantis. Berbagai karakter tokoh digambarkan dalam novel tersebut. Dimana setiap tokoh masing-masing mempunyai peran dan bakat kelebihan yang unik. Cerita Novel ini saling berkaitan dan bagus. Suasana yang digambarkan dalam novel ini jelas, sehingga para pembaca dapat dengan mudah berimajinasi melalui cerita yang dikisahkan.
Kekurangan :

  Dalam Novel ini tidak diceritakan sudut pandang tokoh Edward..
Kesimpulan :
Dalam cerita novel breaking dawn, dapat disimpulkan bahwa mencintai memang membutuhkan sebuah pengorbanan yang tidak punya pilihan untuk dihindari walaupun menyangkut nyawa.

Biografi Penulis :

  Stephenie Meyer terlahir dengan nama Stephenie Morgan pada 24 Desember 1973. Meyer adalah seorang penulis dari Amerika.
 
Meyer mulai melambung menulis novel laris, TWILIGHT pada 2005. Novel ini menjadi populer, bahkan telah diterjemahkan hingga 37 bahasa lain dan telah terjual lebih dari 40 juta copy di seluruh dunia.
 
Berkat TWILIGHT, Meyer mendapatkan beberapa penghargaan. Di antaranya dari New York Times sebagai Editor's Choice, Amazon.com sebagai Best Book of The Decade... So Far.
  Novel
laris ini akhirnya diadaptasi menjadi sebuah film. Dibintangi oleh Robert Pattinson dan Kristen Stewart, film yang tidak diproduksi oleh major label Hollywood menjadi film box office.
 
Melihat kesuksesan buku pertama dari serial vampire ini, Meyer melanjutkan hingga tiga buah buku lainnya, NEW MOON (2006), ECLIPSE (2007) dan BREAKING DOWN (2008). Hanya butuh waktu satu minggu sejak peluncurannya, buku NEW MOON berhasil berada di nomor 5 chart New York Time Best Seller.
 
Selain serial laris TWILIGHT, Meyer juga menulis buku lainnya, seperti PROM NIGHTS FROM HELL (2007) serta THE HOST (2008).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar